Wikipedia

Hasil penelusuran

PROFIL UPT. PMP2KP BWI

  
Profil

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN
UPT. PENGUJIAN MUTU DAN PENGEMBANGAN PRODUK
HASIL KELAUTAN DAN PERIKANAN
BANYUWANGI


JL. Barong No 3 Bakungan, Glagah, Banyuwangi 
Telp. (0333) 417845 Fax. (0333) 417846.




·         PENDAHULUAN.
UPT. Pengujian Mutu dan Pengembangan Produk Kelautan dan Perikanan (PMP2KP) Banyuwangi, merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur dengan salah satu tugas pokok fungsi sebagai lembaga pengujian mutu produk hasil perikanan yang telah menerapkan ISO/IEC 17025 : 2008 dengan nomor akreditasi  LP–741-IDN. Ruang lingkup pengujian meliputi Pengujian Organoleptik / Fisika, Kimia dan Mikrobiologi yang mempunyai misi solusi hasil uji cepat, akurat dan benar.
Untuk menunjang keterwakilan dan keakurasian hasil uji, kami memberikan layanan pengambilan contoh untuk produk perikanan, bahan pembantu dan swabbing sanitasi di industri perikanan. Contoh yang di ambil akan segera dianalisa baik langsung di tempat laboratorium uji.
·         SEJARAH UPT. PMP2KP Banyuwangi.
             Unit UPT. PMP2KP Banyuwangi pada awalnya merupakan Seksi Pengujian di Balai Laboratorium Pengujian Mutu Hasil Perikanan Jawa Timur di Muncar Banyuwangi yang  dibentuk berdasar  Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor No. 48 tahun 2001. Pada perkembangannya UPT. PMP2KP telah mengalami beberapa kali perubahan nomenklatur sesuai dengan dinamisasi tugas dan fungsi organisasi perangkat daerah Provinsi Jawa Timur. Ketika masih berkantor di Muncar bernama Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan Muncar (LPPMHP). Sejak Maret 2005 Laboratorium berpindah kantor di Jl. Barong Bakungan, Glagah Banyuwangi, nomenklaturnya masih tetap Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan di Banyuwangi dan  masih merupakan salah satu Seksi Pengujian BLPPMHP Surabaya. Pada pertengahan 2009, nama BLPPMHP Surabaya diubah menjadi Unit Pelayanan Teknis Laboratorium Pengendalian dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan Surabaya. Dengan   berubahnya nama BLPMHP Surabaya menjadi UPT. LPPMHP Surabaya, LPPMHP Banyuwangi berganti nama menjadi Unit Laboratorium Pengendalian dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan Banyuwangi dan secara  organisatoris tidak lagi merupakan bagian dari UPT LPPMHP Surabaya. Dengan demikian secara operasional ULPPMHP Banyuwangi langsung di bawah Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Akhirnya pada tahun 2017 LPPMHP berubah nama menjadi UPT. PMP2KP (Unit Pelaksana Teknis Pengujian Mutu dan Pengembangan Produk Hasil Kelautan dan Perikanan.) 


·         Komitmen Kami
            Kami berkomitmen mengikuti standar global untuk semua pengujian  yang kami lakukan. Hal ini di wujudkan dengan melakukan perbaikan terus menerus untuk validasi metode, pengadaan instrumen yang paling modern dan peningkatan kompetensi karyawan di semua lini departemen. Selain itu juga selalu aktif mengikuti profisiensi untuk menunjang peningkatan kompetensi laboratorium.
·         IV.  Verifikasi / Validasi Metode
          Verifikasi dilakukan untuk metode uji yang sudah baku sedangkan Validasi dilakukan untuk metode uji yang belum laku. Acuan verifikasi / validasi metode yang dilakukan di UPT. PMP2KP Banyuwangi berdasarkanpada Commission Decession 2002/657/EC, IUPAC Pure and Applied Chemistry 74 2002 untuk laboratorium kimia, sedangkan untuk laboratorium mikrobiologi berdasarkan AOCAC dan Sac – Singlas Acreditation Scheme for Laboratory. Dalam kegiatan validasi akan mendapatkan nilai-nilai kemampuan dan rentang deteksi metode berupa :
1.    Selectivity                              4. Accuracy
2.    Linearitas                              5. Ruggenes
3.    Limit of Detection                 6. Detection Capability
·       Internal Quality Control
Dalam melakukan pengujian dilakukan monitoring internal quality control (IQC) untuk laboratorium kimia dengan cara spiking standar dan penggunaan CRM, sedangkan di laboratorium biologi menggunakan kontrol bakteri.
·         Proficiency test
Kegiatan Proficiency test yang telah di ikuti dari lembaga :
a.    Food Analysis Performance Asesment Scheme (FAPAS)
b.    Food Examination Permomance Asesment Scheme (FEPAS)
c.    IFM Quality Services Pty Ltd
d.    Koimite Akreditasi Nasional (KAN)
e.    Balai Besar Pemasaran dan Pengolahan Hasil Perikanan (BBP2HP)
f.     Balai Uji Standar Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BUSKIPM)

·         Tugas dan fungsi UPT. PMP2KP Banyuwangi.
        Tugas dan fungsi UPT. PMP2KP Banyuwangi diharapkan semakin baik dalam mempertahankan kredibilitasnya dan menghadapi  kebijakan pemerintah dibidang perdagangan dalam mencapai tujuan nasional meningkatkan ekspor hasil perikanan, daya saing, efisiensi dan perlindungan konsumen, dengan menitikberatkan pada beberapa hal antara lain :
1.    Melaksanakan pemeriksaan dan pengujian laboratoris terhadap bahan baku, pembantu dan  produk   akhir dari unit pengolahan  untuk sertifikasi.                                                                
2.    Membimbing, membina dan mengadakan pengawasan serta menguji ketelitian dan kecermatan bekerja dari laboratorium unit pengolahan hasil perikanan. 
1.1.  VISI       
”  Mewujudkan jaminan mutu hasil perikanan jawa timur khususnya Banyuwangi dan sekitarnya sesuai dengan tuntutan pasar global berazas manfaat ”.
 1.2.  MISI      
”  Sertifikasi produk perikanan yang cepat, tepat dan akurat ”.
1.3.  STRATEGI      
“  Pelayanan prima sesuai tuntutan pengguna jasa  “.
1.4.  PROGRAM      
·            Meningkatkan pelayanan prima yang profesional.
·            Meningkatkan performance UPT. PMP2KP Banyuwangi.
·            Meningkatkan pelayanan sertifikasi mutu produk perikanan yang aman, dapat dipercaya dan mampu telusur.
Tugas dan fungsi UPT. PMP2KP Jawa Timur di Banyuwangi diharapkan semakin baik dalam mempertahankan kredibilitasnya dan menghadapi Surveylence akreditasi serta menunjang kebijakan pemerintah dibidang perdagangan dalam mencapai tujuan nasional meningkatkan ekspor hasil perikanan, daya saing, efisiensi dan perlindungan konsumen, dengan menitik beratkan pada beberapa hal antara lain :     
1.    Melaksanakan pemeriksaan dan pengujian laboratoris terhadap bahan baku, pembantu dan produk akhir dari unit pengolahan  untuk sertifikasi.                                                                        
2.    Membimbing / membina dan mengadakan pengawasan serta menguji ketelitian dan kecermatan dari laboratorium unit pengolahan hasil perikanan.
3.    Memberikan bimbingan teknis dalam segala bidang dan aspek yang berhubungan dengan technologi pasca panen dan pembinaan mutu hasil perikanan dalam rangka Pra-SKP, Audit dan Pra-Validasi.
4.    Selain sebagai lembaga sertifikasi dan lembaga penguji hasil perikanan, UPT. PMP2KP Banyuwangi sejak 2009 juga mulai berkembang sebagai lembaga inspeksi terhadap sistem manajemen mutu hasil perikanan. 

·         KEBIJAKAN  MUTU
UPT. PMP2KP Banyuwangi memberikan jasa layanan kepada masyarakat secara profesional dalam pengujian mutu produk Perikanan dan Industri pengolahan hasil perikanan di Indonesia.
 UPT. PMP2KP Banyuwangi berkomitmen untuk melaksanakan dan meningkatkan kompetensinya sebagai lembaga pengujian mutu hasil perikanan dalam rangka turut serta mengembangkan mutu produk hasil perikanan.
  Kepala UPT. PMP2KP Banyuwangi sebagai pimpinan puncak menjamin bahwa pelayanan pengujian dilaksanakan secara profesional dengan mengutamakan mutu dan persyaratan dan kepuasan pelanggan dan peraturan – peraturan terkait.
 Kepala UPT. PMP2KP Banyuwangi menjamin bahwa setiap pekerjaan pengujian dilaksanakan dengan kejujuran teknis, prinsip kehati – hatian, pertimbangan akurasi dan kecepatan penyelesaian pekerjaan.
 Semua kegiatan pengujian di UPT. PMP2KP Banyuwangi dilaksanakan berdasarkan sistem mutu yang sesuai dengan ISO/IEC 17025:2008, guna memberikan jaminan konsistensi serta kompetensi teknis pengujian dalam lingkup kegiatannya dan meningkatkan kemampuan teknis sumber daya secara berkesinambungan.
UPT. PMP2KP Banyuwangi menjamin penyempurnaan dan peningkatan efektifitas sistem manajemen melalui kaji ulang manajemen yang dilaksanakan setiap tahun.



1.6.  Sasaran Mutu
No.
SASARAN
1.
Terkreditasi oleh KAN berdasarkan ISO/IEC 17025 : 2008
2.
Pengadaan Sarana dan Prasrana Pengujian dalam rangka peningkatan pelayanan costumer
3.
Pengembangan Lingkup Akreditasi
4.
Peningkatan  personil teknis
5.
Mempertahankan kompetensi personil
6.
Rekruitmen personil teknis kompeten sesuai kebutuhan
7.
Manajemen Laboratorium mempertahankan kesesuaian standar operasional laboratorium dengan ISO/IEC 17025 : 2008

II.   INFORMASI UMUM
2.1.   Nama                                                   : UPT. PMP2KP BANYUWANGI
2.2.   Alamat                                                 : Jl. Barong Bakungan  Bayuwangi
                                                                          Telp.(0333) 417845 Fax. (0333) 417846
2.3.   Status tanah dan bangunan         : SHM
2.4.    Luas tanah dan Bangunan          :  1.200 m2
2.4.   Status Akreditasi terakhir              : TERAKREDITASI (PROSES REAKREDITASI)
2.5.   Jenis Komoditi yang diuji                  : UDANG SEGAR, UDANG MENTAH BEKU, UDANG MASAK, CHEPALOPODA, CHEPALOPODA MASAK, IKAN SEGAR, IKAN BEKU, IKAN MASAK, TUNA KALENG, SARDEN KALENG, MAKAREL KALENG, SEAFOOD, ADDED VALUE, AIR/ES, SWAB, PRODUK PETERNAKAN, PRODUK PERTANIAN, TANAH, TEPUNG IKAN, MINYAK IKAN, PRODUK PERIKANAN, IKAN ASIN, GARAM, PAKAN TERNAK.



2.6.   Jumlah sampel/bulan                                             : ± 126 Sampel
2.7.   Jumlah CA (Certificat Of Analysis) /bulan        : ± 126 CA


No.
Nama
Jabatan
Status PNS/ Honorer
Pangkat/ Golongan
Pendidikan Terakhir
Pelatihan yang pernah diikuti
1.
Tanoto Herlambang
Kepala UPT. PMP2KP
PNS
Pembina TK. I ( IV/B )
S2 Manajemen Agribisnis

2.
Probo Sumarah
Ka. Subag TU
PNS
Penata TK. I ( III/D )
S1 Budidaya Perairan

3.
Tita Sulistyawati
Kepala Seksi Pengujian
PNS
Penata ( III/C )
S1 Biologi

4.
Supartiwiningsih
Staf Bag. Tata Usaha
PNS
Penata ( III/C )
S1 Ekonomi

5.
Dian Setyarini
Penyelia Mikrobiologi
PNS
Penata ( III/C )
S1 Teknologi Hasil Perikanan

6.
Kasiyanto
Staf Sub Bag. Tata Usaha
PNS
Penata Muda TK I ( III/B )
SLTA Pertanian

7.
Suparman
Staf Sub Bag. Tata Usaha
PNS
Pengatur  (II/C)
Sarjana Pertanian

8.
Ahmad Zaini
Staf Administrasi Pengujian
PNS
Pengatur Muda TK I (II/B)
SLTA Biologi

9.
Nuruk Khaqiqi
tekhnologi
PNS
Penata Muda TK I ( III/B )
S1 Teknologi Hasil Perikanan

10.
Mahrur Efendi
Staf Sub Bag Tata Usaha
PNS
Pengatur Muda TK I ( II/B )
SLTA IPS

11.
Eksi dyah
Penyelia Kimia
PNS
Pengatur Muda TK I ( II/B )
S2 Profesi Dokter

12.
Siti Rokayah
Laboran
PNS
Pengatur Muda ( II/A )
SD

13.
M. Nasrudin
Analis
PTT
-
S1 Perikanan

14.
Mohamad Ihsan
Analis
PTT
-
SMEA

15.
Abdurrachman
Satpam
PTT
-
SD

16.
Ahmad Wahyudi
Driver
OUTSOURCING
-
SMK

17.
Hadi Siswanto
Satpam
OUTSOURCING
-
SMA PAKET C

18.
Edi Priyanto
Satpam
OUTSOURCING
-
SMK

19.
Rudi Alfian
Penerima Contoh/Sampel
OUTSOURCING
-
SMK Otomotif

20.
Agam kurniawan
Analis
OUTSOURCING
-
SMK Perikanan

21.
Fernita Susilowati
Tata Usaha
OUTSOURCING
-
SMK Akutansi

22.
Galuh Ning tyas
Analis
PTT
-
S1 Perikanan

23.
Robi Santoro
Tata Usaha
OUTSOURCING
-
SMK Komputer

24.
Devi
Kimia
Sukwan
-
S1 Perikanan

25.
Zidan Amirul A.S
Cleaning Service
OUTSOURCING
-
SMA

26.
Utomo
Cleaning Service
OUTSOURCING
-
SMK Listrik

27.
Rizky
Cleaning Service
OUTSOURCING
-
SMK

28.
Indar Tri Wahyuni
Cleaning Service
OUTSOURCING
-
S1


7.4  PELATIHAN YANG PERNAH DIIKUTI

NO.
Nama
Pelatihan/kursus yang pernah diikuti
1.
Probo Sumarah, SPi
1. Pelatihan PMMT bagi Petugas Pengambil Contoh (PPC),Dirjen Perikanan Tangkap (2004)
2. Audit /Verifikasi PMMT, Dit.Jend.Kan Tangkap
3. Pelatihan Sistem Manajemen Mutu Laboratorium
4. Training of Fish Inspector in Audit of Food Safety    Management Sistem in Fish processing Industry
5.Pelatihan Penerapan SNI bagi Konseptor dan Editor



2.
Tita Sulistywati, S.Si
1.      Kursus Komputer, Dian Institut, (2001)
2.      Apresiasi PMMT bagi Petugas Pengambil Contoh (PPC),Dirjen Budidaya (2002)
3.      Pelatihan Kimia (Chloramphenicol), Audit Internal, Kalibrasi, BPPMHP (2002)
4.      Apresiasi PMMT bagi Petugas Pengambil Contoh (PPC),Dirjen Perikanan Tangkap (2003)
5.      Pelatihan Analis Kimia, BLPMHP- Surabaya(2004)
6.      Pelatihan Pengujian Mutu bagi analis Laboratorium oleh BBPPMHP Jakarta (2006)
7.      Pelatihan PMMT berdasarkan Konsepsi HACCP oleh Dirjen P2HP di Bogor (2006)
8.      Pelatihan Verifikasi & Audit Sistem PMMT/HACCP bagi Pengawas Mutu Hasil Perikanan oleh Dirjen P2HP di Bogor (2006)
9.      Pelatihan pengujian Mutu Laboratorium bagi LPPMHP Daerah oleh BBPPMHP Jakarta (2007)
10.Pemantapan Sistem Jaminan dan Keamanan Hasil Perikanan bagi Pengawas Mutu dan Stakeholders,Ditjen P2HP,2008






3.
Dian Setyarini, SPi
1.      Pelatihan HACCP, IPB Bogor (Jakarta, Juni 2000)
2.      Pelatihan Analis Mikrobiologi (Jakarta, 11 Oktober 2002)
3.      Apresiasi Penerapan Metode Pengujian Sebagai Jaminan Mutu Sesuai ISO 17025:2005 (Juni 2009)
4.      Sosialisasi  SNI 17020 (Surabaya, 2009).
5.      Training INDUCTIVELY COUPLED PLASMA MASS SPECTROMETER Model iCAP Qc – SN3439 di PT. SPEKTRIS METALAB (Jakarta 15 Agustus 2015).
6.      Control of Microorganism in Seafood Processing (Banyuwangi, 18 Oktober 2016).
7.      Training on Sensory Evaluation of Fish & Fish Product IPB.
 


4.
Suparman, SP
1.      Pasca Panen Komoditi Perikanan, Dep.Tan (1993)
2.      Pengolahan Ikan (Teknologi Modern), DisKan Propinsi Jawa Timur (1993)
3.      Sensory Evaluation Training of Fresh Shrimp Ditjenkan (1994)
4.      Pengolahan Hasil Perikanan, BKPI (1994)
5.      Pengolahan Hasil Perikanan, Diskan Propinsi Jawa Timur (1995)
6.      Sanitasi dan Higiene di Prigi Jatim, Dep.Tan (1995)
7.      HACCP dan PMMT, Dep.Tan (1997)
8.      Apresiasi PMMT bagi Petugas Pengambil Contoh (PPC),Dirjen Perikanan Tangkap (2003)
9.      Pelatihan Bina Mutu Ikan dalam rangka Pendampingan Kelompok Usaha bersama di Muncar Oleh LP TIMINDO (2006)
10.   Apresiasi Peningkatan SDM Pengawas Mutu Angkatan     II (Direktorat Standardisasi & Akreditasi, Ditjen P2HP   ( Bogor, 12 s/d 15 Agustus 2008 )
11. Apresiasi Tehnis Oprasional Sarana dan Prasarana    Pengujian Mutu di LPPMHP(Ditjen P2HP & Direktorat     Standardisasi & akreditasi) (Bogor,24 s/d 27 Nop 2008)



5.
Ahmad Zaini
1. Pelatihan Permesinan Tingkat Pemula Bagi Petugas
    di BALAI PENGEMBANGAN PENANGKAPAN IKAN
    PROBOLINGGO Dinas Kelautan dan Perikanan
    Provinsi Jawa Timur. (Probolinggo, 10 Juni 2006)
2. Pelatihan Ahli Tehknika Kapal Penangkap Ikan
    (ATKAPIN) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi
    Jawa Timur  (Probolinggo 6 s/d 10 Nopember 2006)
3.   Pelatihan /Magang Pengujian Mikrobiologi dan Organoleptik di lab Mikrobiologi Balai Besar Pengujian Penerapan Hasil Perikanan Jakarta. (Jakarta, 8 Juli 2014)
4.   Uji Kompetensi Panelis Daerah di Bidang Pengujian Organoleptik di Balai Besar Pengembangan dan Pengendalian Hasil Perikanan (Jakarta, 30 November 2011).
5.   Pelatihan KALIBRASI PRESSURE / VACUUM GAUGE di Laboratorium Kalibrasi PT. MANDIRI TRANSFORMA GOBAL (Jakarta, 15 Juni & 17 Juni 2015)
6.   Training INDUCTIVELY COUPLED PLASMA MASS SPECTROMETER Model iCAP Qc – SN3439 di PT. SPEKTRIS METALAB (Jakarta 15 Agustus 2015)
7.   Bimtek Team Efektif untuk Meningkatkan Layanan Publik (Malang 04 s/d 06 Desember 2015).
8.   Pelatihan Cara Pengolahan Ikan yang Baik  dan Prosedur Operasi Sanitasi Standar di BPPP banyuwangi (Jakarta, 25 s/d 29 Mei )
9.   Training Good Laboratory Practices Held (Bandung, 28 s/d 29 2015).
10.  Training For Sampling Operator : Sampling Technique of Raw Material and
       Products for Testing Laboratory (Bandung, 14 s/d 18 Maret 2016).
11.   Training on Sensory Evaluation of Fish & Fish Product (Bogor 8 s/d 10 Mei 2017).  



6.
Supartiwiningsih, SE
1.    Pelatihan Teknis Operator Radio Konsesi Diklat Bharuna Bhakti (Surabaya, 24 Juli 2006).
2.   Training for Sampling Operator : Sampling Technique of Raw Material and Products for Testing Laboratory.



7.
Eksi Dwi Yulianti, S.kh
1.   “JT. Baker Safety Lab. & Chemical Spill Clean Up
Training BLLMHP (Surabaya, 5 Juli 2006).
2.   Revitalisasi Usaha Perikanan Peningkatan Kualitas dan Produk (Surabaya, 07 September 2006).
3.   Training Pengujian Total Volatile Base (TVB) dengan metode Destilasi (Jakarta, 24 April 2009).
4.   Pelatihan Manajemen Mutu Laboratorium (Surabaya, 14 Nopember 2009).
5.   Latest Technological Advancement in Elemental Analysis with AA ICP AND ICPMS (Jakarta, 04 Pebruari 2010).
6.   Service Training Session (Jakarta, 10 march 2010).
7.   Training Course in “Validation Method for Antibiotic wit Elisa “ (Surabaya  9 s/d 11 Maret 2010).
8.   Apresiasi Jaminan Mutu Penerapan HACCP dan Tracegility. (Surabaya, 15 Juni 2010.
9.   Uji Kompetensi Analis Kimia jak( Jakarta 30 November 2011).
10.   Peningkatan Kompetensi Personel Laboratorium dalam Validasoi Metode (Screening dan Confirmatory) {Jakarta, 16-21 Oktober  2011}
11.   Waters HPLC MSMS Quattro Premier Masslynx 4.1 Operational Training (Surabaya 27 February s/d 02 Maret 2012).
12.   Pelatihan Estimasi Ketidakpastian Pengukuran Laboratorium Pengujian (Jakarta, 16 s/d 18 April 2013).
13.   Seminar Tantangan Industri Pangan menyongsong AEC (ASEAN ECONOMIC COMMUNITY) 2015 (Surabaya, 11 Juni 2013).
14.   “Shimadzu HPLC – 10Atvp Operational Training”  lab Dinas Perikanan dan Kelautan Banyuwangi 30 Agustus 2013.
15.   Pelatihan Pengujian Histamin dengan HPLC (Jakarta, 13 September 2013)
16.   Pelatihan Pengujian Mikrobiologi dan Organoleptik (Jakarta, 7 s/d 8 Juli 2014)
17.   Shimadzu Rf- 20a Detector For Hplc Operational Training ( Banyuwangi, 01 September 2014)
18.   Workshop on Hands on Analysis of Water Sample With Thermo ICP Mass Spectrometer. SEAMEO BIOTROP 20 may 2015.
19.   Pelatihan Kalibrasi Temperature (Jakarta, 26 Juni 2015).
20.   Food Safety System Certification FSSC 22000:2013 Interpretation and Internal Audit. (Banyuwangi, 23 s/d 25 June 2015).
21.   Training  Who has Completed in a training on Granted August 10 2015.
22.   Inductively Coupled Plasma Mass Spectrometer Model icap qc (Jakarta, 15 Agustus 2015).
23.   Has Attended A two Day Training In Food Processing Technology For the Iso 17065 Assesment Purposes. (Hotel santika banyuwangi November tgl 9 s/d 10 2015).
24.   Training Handling Processing of Hazardous and Toxic Waste (yogyakarta, 17 s/d 18 Maret 2016).
25.   Good Laboratory Practice (GLP) (Surabaya, 21 s/d 22 Maret 2016).
26.   Control of Microorganism in seafood Processing (Banyuwangi, 18 Oktober 2016).
27.   Training on Sensory Evaluation of Fish & Fish Product (Bogor 8 s/d 10 Mei 2017).




Tidak ada komentar: